macam macam akar pada tumbuhan dan fungsinya

Macam macam akar pada tumbuhan dan fungsinya - Daribeberapa jenis tumbuhan yang ada di lingkungan kita, di halaman, di taman, dan pekebunan. Banyak nya jenis tumbuhan sudah pasti juga banyaknya jenis akar yang di miliki.  Tidak semua tumbuhan memiliki jenis akar yang sama , seperti cirita kebanyakan mitos yang sering terdengar di masyarakat kita.jangan menanam pohon rambutan atau kelapa dekat rumah, hal ini di sebabkan karna jenis akar yang di miliki tidak baik bila di tabam dekat dengan bangunan kita, karna akar yang di miiliki akan merusak pondasi rumah kita.

Akar memiliki peran penting dan fungsi yang sangat penting yang mana berfungsi sebagai penyerap unsur hara dan penyerap air, akar juga berfungsi menopang batang tumbuhan agar berdiri kokoh, serta menanam tanaman dari terjangan air dan hembusan angin.  Di sini saya akan menjelaskan jenis jenis akar dan pengertian nya.

Macam Macam Akar
1.  Tumbuhan Akar Tunggang

Akar tunggang adalah akar yang di miliki oleh banyak tumbuhan yang mana akar pokoknya  menghujam tegak lurus ke tanah.  pada umumnya akar ini di miliki olh yumbuhan dikotil atau tumbuhan berkeping dua dan tumbuhan berbiji terbuka.

2.  Tumbuhan akar serabut

akar serabut beda dengan akar tunggang , jika akar tunggang akar pokoknya menghujam lurus ke bawah, akar serabut adalah akar samping yang menyebar ke segala arah. contoh tumbuhan berakar serabut ,jagung , kelapa,anggrek dan masih banyak lainnya.


Jenis jenis akar di bagi lagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut :

1.  Akar gantung :; akar gantung tumbuh di bagian pohon atau ranting yang menghujam ke atas  tanah hingga yang mana mengarah tanah. contoh tumbuha ini adalah beringin , anggerek dan tumbuhan lainnya.

2.  Akar napas adalah akar yang tumbuh dari dalam tanah muncul dari permukaan  tanah yang membantu sebagai pernafasan tanaman. tumbuhan ini biasanya tumbuh di hutan rawa, contoh tumbuhan yang memiliki akar ini biasanya tumbuhan rawa,pohon bakau, tanaman bogem ,kayu api dan masih banyak lagi

3.  Akar penghisap adalah akar yang berfungsi untuk melektkan diri dan untuk menghisap sari sari makanandari tumbuhan yang di lekatkan.  contoh : parasit,benalu

4.  Akar perekat adalah akar pelekat seperti pada tanaman siri , merica, tanaman buah naga,beberapajenis anggrek,dan tanaman memanjat lainnya,akar pelekat adalah akar yang tumbuh di sepanjang batang pohon.

5.  Akar bangir adalah akar yang berbentuk seperti papan menonjol di bagian pangkalpohon berukuran lebih besar dari batang pohonnya. akar bangir membantu tegaknya atau berdirinya batangtumbuhan, contoh tumbuhan : pohon kenari dan pohon randu.

Akar-akar dalam klasifikasi berdasarkan manfaat ini umumnya adalah akar serabut sebab tak mempunyai akar besar serta didapatkan dalam flora berbiji satu. Klasifikasi serta penjelasan pendek tentang jenis-jenis akar di atas lumayan menunjukkan bahwa masing-masing flora mempunyai keunikan masing-masing baik dalam bentuknya, posisi akarnya, bagaimana serta dari mana mendapat nutrisi serta lain sebagainya.

macam macam akar pada tumbuhan dan fungsinya - Tetapi demikian, tumbuhan-tumbuhan tersebut mempunyai ‘tugas’ yang sama, yakni untuk memenuhi keperluan biologisnya mendapat asupan makanan serta oksigen yang lumayan serta akar memegang peranan penting dalam faktor tersebut. Akar adalah tahap penting dari flora sebab bermanfaat mencari kandungan air serta makanan, menyimpannya kemudian mengalirkan ke seluruh tahap tumbuhan. Dengan bentuk serta struktur flora yang tak sama, akar mempunyai lumayan tak sedikit tipe serta ragam
macam macam akar pada tumbuhan dan fungsinya | widia muliadi | 5

0 komentar:

Posting Komentar